Minggu, 20 Februari 2011

novel remaja dan novel inspirativ?

hai guys, sekarang lagi heboh banget ya baca buku? buku apa?
banyak penerbit menyediakan macam jenis buku fiksi maupun nonfiksi. yang paling sering kita temui dan kita baca pastilah novel dengan tema cinta.
ada yang tau kenapa novel bertema "cinta" banyak ditemui di pasaran? selain itu kenapa harganya lebih murah di banding kisah inspiratif (kecuali sebagian besar yang sudah di filmkan)?
novel inspiratif memang tak kalah menarik di banding novel fiksi seperti:
novel inspirator di buat untuk memberikan motivasi kepada si pembaca sehingga pembaca dapat menjadi orang yang lebih baik. maka dari itu, novel inspirator yang baik harganya juga tak kalah 'baik'.
sedangkan novel-novel remaja bertema 'cinta' yang tidak kalah menarik pun gak jarang yang harganya 'bagus' itu pun yang sangat bermutu karena dari 5 huruf itu ( C-I-N-T-A ) banyak cerita yang bisa di buat dengan mudah dan dengan imajinasi yang tinggi. bukan berarti novel remaja jelek lho... buktinya, banyak sekali yang sudah, ingin, mau, dan akan menjadi penulis novel remaja.
apa bedanya?
-dari segi keuntungan penulis, novel remaja lebih banyak di konsumsi, maka jika tulisannya bagus maka konsumenpun banyak, sehingga murahnya harga buku tidak berpengaruh. sedangkan novel inspirativ, yang membeli tidak begitu banyak (dibanding novel remaja) namun harganya yang 'bagus' itu membuat penulispun tetap untung.
-dari segi keuntungan pembaca, novel remaja adalah bacaan yang mengasyikkan, berbagai emosi mulai dari tersipu-sipu, tertawa ngakak, hingga berderai air mata. sedangkan novel inspirativ? tak banyak bedanya. sama saja sebenarnya. di dalamnya terdapat banyak kalimat yang mengandung luapan emosi yang membuat pembaca bisa ikut merasakannya. tapi, selain itu, tanpa di sadari pembaca mendapat manfaat yang sangat besar.

tunggu apalagi? pilihlah bacaan bermanfaatmu !


*novel remaja (teenlit):


First Love Dilemma

*novel inspirativ:

Rumah Tanpa Jendela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar